headerphoto

Emansipasi VS Ekspoitasi

Emansipasi adalah persamaan hak wanita dan pria, dan semua kita tahu ini adalah hasil dari perjuangan Ibu Kartini yang konon berjuang untuk kemajuan kaum wanita. Dan hari ini, kita pun memperingatinya lagi, lebih kesimbolik dan tanpa makna karena cuma anak TK dan SD saja yang merasa keriaanya, sekedar berbusana daerah dan berbaris menyanyikan lagu "ibu kita Kartini, putri sejati, putri Indonesia harum namanya ..........."

Hasil perjuangan itu sudah kita sama rasakan saat ini, banyak posisi yang dulunya hanya di dominasi kaum pria, sekarang ganti di duduki oleh kaum hawa .... dari sopir Bis, kondektur, Direktur, sampai Presiden pun pernah kita di pimpin oleh seoerang Wanita.

Belakangan saya pribadi melihat suatu bias dari hasil perjuangan Kartini, saya perhatikan banyak sekali sekarang kaum wanita yang bekerja di kantoran hanya untuk duduk dipajang, pakai rok mini dan baju seksi kerja nya pun cuma ketawa-ketiwi, temani boss makan siang dan ketemu kerabat bisnis .... mengatasnamakan Emansipasi dalam bekerja, mereka tak sadar telah di eksploitasi oleh kaum lelaki.

Inikah yang namanya emansipasi, Ibu kerja di kantor sementara Bapak masak dan menunggu anak di rumah ....? saya rasa pemikiran Ibu Kartini tidak sepicik dan sesempit ini... Sadar kah kita masing-masing menempatkan diri..... tanpa perlu menggurui, memang jaman yang memaksa kami untuk seperti ini.

Habis gelap terbitlah terang, semoga perjuangan Kartini tidak sia-sia.
Wanita ada dari tulang rusuk pria, untuk itu ia seharusnya tetap disamping dan berdiri berdampingan dengan pria...... tanpa maksud anti wanita, semoga mereka mengerti semua.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

"Memang jaman yang memaksa kami untuk seperti ini"...janganlah manusia yang diatur dengan jaman namun manusialah yang menentukan jaman

Anonim mengatakan...

kadang di perlukan keberanian untuk itu .... dan akhirnya saya pun belum berani ....

agus syarif mengatakan...

Maaf...Mungkin judulnya perlu di revisi bro..."ekploitasi"...